Kembali ke Alam Dengan Mori Kei Style

By at January 27, 2015 9:26 am #
Choco's Mori Girl

Fashion adalah hal yang berkembang sangat pesat dan tahan lama di Jepang. Di Jepang terdapat berbagai macam gaya busana yang beraneka ragam. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mori Kei atau bisa juga disebut Mori Girl Style. Gaya busana Mori Girl ini muncul pada  tahun 2007, walau tidak sepopuler style lainnya, fashion style ini bertahan cukup lama hingga sekarang. Bahkan gaya busana ini juga merambah hingga ke China dan Taiwan.

“Mori” dalam bahasa Jepang artinya “hutan”. Konsep dari gaya busana ini adalah “seorang gadis yang tampaknya tinggal di dalam hutan”. Image ini lekat dengan karakter seperti Anne dari cerita Anne of Green Gables. Karakter Hagu dari anime Honey & Clover adalah salah satu contoh seorang Mori Girl. Menurut blog ini, Mori Girl berpakaian seperti seorang pengelana di dalam hutan-hutan ajaib seperti di dalam cerita dongeng. Mori Girl menjalani hidup dengan temponya sendiri, tidak terpengaruh dengan kesibukan dan hiruk pikuk di sekitarnya. Mori Girl memiliki kecintaan yang dalam pada alam dan hewan. Mori Girl memiliki style yang kalem, feminim, tidak mencolok dan berkesan vintage. Warna pakaian didominasi warna putih, krem, coklat dan warna-warna pastel. Biasanya pakaian yang dikenakan berkesan kuno dan berlapis-lapis. Bahan pakaiannya kebanyakan berupa kain rajutan, tulle, dan renda. Model pakaiannya kebanyakan longgar dan tidak memperlihatkan siluet tubuh. Make up Mori Girl pun dibuat seminim dan sealami mungkin. Untuk alas kaki, Mori Girl banyak menggunakan sepatu tanpa hak tinggi seperti flat shoes, boots, mary jane, dan sebagainya.

Hagu The Mori Girl-Honey and Clover

Hagu The Mori Girl-Honey and Clover

source : here

Berdasarkan artikel tentang Mori Girl di Japanese StreetsChoco, pencetus style Mori Girl ini menyebutkan dalam komunitas Mori Girl di Mixi (semacam media social seperti Facebook), ada 60 peraturan atau guide tentang bagaimana caranya menjadi seorang Mori Girl. Apa saja yang terdapat dalam 60 peraturan tersebut? Nantikan kelanjutannya di artikel selanjutnya ya. Untuk sementara, silahkan melihat-lihat beberapa contoh gaya koordinasi ala Mori Girl berikut ini (^▽^)/

 

3202

 

1477

 

1988

 

1237

 

3003

 

Sumber Foto : Japanese Streets.

Sumber Data : Japanese Streets dengan perubahan dan tambahan.