Wow! 5 Kebiasaan Orang Jepang Ini Bisa Bikin Panjang Umur. Tiru Yuk!

By at January 16, 2015 8:40 am #
url

Sudah pernahkah mendengar nama Misao Okawa? Nenek asal Osaka berusia 116 tahun ini dinobatkan sebagai orang tertua yang pernah lahir di seluruh Asia. Ternyata pencapaian umur Misao-baachan yang sasuga ini tak lain disebabkan karena kebiasaan gaya hidup sehat ala orang Jepang yang sudah diwariskan selama berabad-abad.

Misao Okawa

Misao Okawa

Sebagai salah satu negara paling maju di Asia, Jepang memang sudah lama dikenal memiliki kualitas kesehatan penduduk yang sangat baik. Apa rahasia mereka? Ternyata sangat sederhana!

Berikut ini Kokoroku.com telah merangkum 5 kebiasaan orang Jepang yang bisa kita contoh agar tetap sehat dan berumur panjang.

1. Singkirkan Dessert, Ganti dengan Teh Hijau

Teh hijau sangat baik untuk kesehatan - sumber: theguardian.com

Teh hijau sangat baik untuk kesehatan – sumber: theguardian.com

Siapa sih yang tidak suka puding dan es krim sebagai pencuci mulut setelah makan? Apalagi buat yang suka manis-manis. Namun ternyata kebiasaan makan makanan penutup seperti itu kurang baik bagi kesehatan. Kadar gula yang berlebihan masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan hipertensi. Nah, untuk urusan satu ini, orang Jepang punya solusinya. Mereka lebih memilih mengonsumsi teh hijau daripada dessert serba manis setelah makan. Terbukti teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bernama catechin. Khasiatnya sangat beragam. Teh hijau dapat menjaga kesehatan kulit, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan mencegah obesitas.

Patut dicoba untuk yang selalu ingin sehat dan langsing!

2. Sering Jalan Kaki

Orang  Jepang gemar jalan kaki - sumber: bbc

Orang Jepang gemar jalan kaki – sumber: bbc

Jalur pejalan kaki nyaris selalu bisa kita temukan jika menyusuri daerah-daerah di Jepang. Di sana, pejalan kaki sangat dimanjakan oleh ketersediaan fasilitas yang sangat aksesibel. Naomi Moriyama, penulis buku Japanese Woman Don’t Get Old Or Fat, mengatakan bahwa rahasia terbesar kesehatan orang Jepang adalah jalan kaki. Menurut penelitian di Harvard University, terbukti berjalan kaki rutin selama 2,5 jam dalam satu minggu bisa meningkatkan level harapan hidup sampai 7 tahun. Sasuga!

3. Hara Hachi BuBerhenti Makan Sebelum Kenyang

Jangan makan terlalu kenyangm ya - sumber: thebraiser

Jangan makan terlalu kenyang ya – sumber: thebraiser

Ajaran hara hachi bu atau hara hachi bunme ala orang Jepang diartikan sebagai ‘segeralah berhenti makan kalau perut sudah terisi 80 persen’ alias jangan sampai kekenyangan. Kebiasaan ini terbukti dapat mengurangi resiko penyakit kolesterol jahat karena membatasi jumlah kalori yang masuk. Paham ini juga yang membuat banyak sekali makanan Jepang disajikan dalam wadah-wadah kecil. Penelitian membuktikan hara hachi bu dapat meningkatkan usia harapan hidup sebesar 30 persen. Wow!

4. Makan Sushi

Sushi selain nikmat juga sehat - Sumber: huffingtonpost

Sushi selain nikmat juga sehat – Sumber: huffingtonpost

Sushi selain nikmat ternyata juga sangat baik untuk menjaga fungsi jantung dan otak agar selalu prima. Makanan khas Jepang ini merupakan sumber asam lemak omega 3 yang penting untuk tubuh. Orang Jepang mengonsumsi sekitar 80 gram hingga 100 gram daging ikan segar setiap hari. Terbukti kebiasaan makan sushi sangat bermanfaat. Para ahli mencatat bahwa jumlah kasus penyakit jantung di Jepang sangat rendah, salah satunya berkat rutin makan sushi.

5. Rutin Cek Kesehatan

Cek kesehatan secara rutin ke dokter.

Cek kesehatan secara rutin ke dokter.

Di Jepang, setiap penduduk sangat disarankan untuk rutin melakukan cek kesehatan rutin ke dokter, minimal satu tahun sekali. Rajin cek kesehatan akan memberikan rasa tenang di masa depan. Diharapkan pula jika seseorang menderita penyakit tertentu dapat langsung terdeteksi dan bisa langsung diobati sebelum terlambat.

Itulah 5 rahasia umur panjang orang Jepang. Sangat sederhana, mudah dan murah untuk dicontoh bukan? Tiru yuk!

(Sumber: dailymail, wiki)