Date Masamune dan Sendai Tanabata Festival

By at July 12, 2015 8:13 pm #
gr14_15

Festival Tanabata adalah festival di Jepang yang diselenggarakan mulai pada tanggal 7 Juli setiap tahunnya. Setiap daerah merayakan Tanabata di tanggal yang berbeda selama bulan Juli hingga Agustus. Festival yang juga disebut sebagai Festival Bintang ini merupakan perayaan pertemuan antara Orihime dan Hikoboshi (yang diwakilkan oleh bintang Vega dan Altair). Festival Tanabata disebut Festival Qi Xi di Cina, dan Festival Chilseok di Korea. Perayaan Tanabata yang paling terkenal bisa dilihat di kota Sendai. Festival Sendai Tanabata yang berusia lebih dari 400 tahun ini terkenal dengan dekorasi yang rumit dan indah.

Alkisah, Orihime (Shokujo) adalah putri raja langit yang sangat pandai menenun. Hikoboshi (Kengyu) rajin bekerja sehingga diizinkan Raja Langit untuk menikahi Orihime. Mereka hidup bahagia, tapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Raja Langit sangat marah karena keduanya hanya bermalas-malasan dan keduanya dipaksa berpisah. Sungai Amanogawa ( galaksi Bima Sakti ) terbentang di antara tempat tinggal dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali pada hari ke-7 bulan ke-7. Tapi kalau pada malam hari ternyata hujan turun deras, itu adalah air mata dari sang putri Orihime dan Hikoboshi yang tidak bisa bertemu.

Perayaan Tanabata adalah suatu Tradisi Jepang kuno dimana mendoakan arwah leluhur atas keberhasilan panen yang mereka terima, dan perayaan ini merupakan tanda syukur atas berkah yang diterimanya itu. Pada jaman dahulu biasanya para wanita memohon agar mereka lebih ahli dalam menjahit dan bermain alat musik, sedangkan para lelaki memohon agar mereka lebih pandai dalam menulis. Selama festival Tanabata berlangsung, kita juga dapat menulis permohonan di atas tanzaku atau secarik kertas berwarna-warni. Kertas tanzaku terdiri dari 5 warna, hijau, merah, kuning, putih dan hitam. Setelah kita menulis apa yang mereka harapkan di masa mendatang, kertas-kertas tanzaku itu akan diikatkan atau dikaitkan di ranting pohon bambu.

Berbagai acara tradisional pun turut memeriahkan festival musim panas ini. Pada malam hari pertunjukkan kembang api akan semakin memeriahkan suasana, dan tempat terbaik untuk melihatnya adalah di area sekitar Sungai Hirose dan Taman Nishi. Berbagai dekorasi Tanabata yang meriah akan menghiasi sepanjang jalan Jozenji-dori.

Selama festival Tanabata, kita juga bisa menikmati berbagai macam makanan khas Tanabata. Mulai dari takoyaki, hashimaki, yakitori, dan Tanabata Somen, hidangan mie spesial Festival Bintang. Mie somen yang panjang terlihat seperti Milky Way yang memisahkan dua sejoli yang dimabuk cinta itu.

Tanabata somen-kikkomanKikkoman
Tanabata BentoKyaraben Tanabata

Festival Tanabata Sendai diselenggarakan pada sekitar tanggal 6 hingga 8 Agustus. Dulu Tanabata hanya dirayakan oleh kalangan Imperial Court pada masa Periode Heian (794-1192 SM). Tanabata kemudian tersebar hingga kalangan rakyat pada masa Periode Edo (1603-1868 SM). Festival Tanabata pertama kali diperkenalkan oleh Daimyo Date Masamune dengan tujuan untuk mengembangkan Sendai dengan kebudayaan. Kemudian Festival Tanabata menjadi lebih meriah sejak tahun 1928, tahun masa Exposisi Industri Tohoku berlangsung.

gr14_14
gr14_13Sendai
Kalian juga bisa ikut berpatisipasi dalam Festival Tanabata Sendai dengan mengisi formulir tanzaku di website Tanabata Negaigoto.

h1_titleTanzaku Votive Notes

Kalian juga bisa melihat lebih banyak foto Festival Tanabata Sendai di website Tanabata Negaigoto.

image_2
image_3
image_4
image_8
Semoga Tuan Date Masamune sudi mampir ke mimpi saya, tapi saya maunya Date Masamune 2D. Terima Kasih, Shokujo.

Date.Masamune.(Sengoku.Basara).full.442933
sumber : Tanabata Negaigoto, Sendai Tanabata

top image : Japan National Tourism Organization

  • http://itnstudent.xtgem.com Rian

    Ane tau Tanabata dari anime Suzumiya Haruhi sih, tp blm pernah lihat :v