Here Comes Summer! Summer Anime Tidak Lengkap Tanpa Genre Berikut Ini

freeeeeee

Bulan Juli berarti musim panas! Pergantian musim, tentu saja diikuti dengan berakhirnya anime-anime musim semi dan berganti dengan anime yang bertema musim panas. Anime bertema musim panas itu seperti apa sih? Sadar atau tidak, anime yang ditayangkan pada musim panas biasanya memiliki genre tertentu, lho. Berikut genre yang biasanya diusung oleh anime musim panas.

1. Misteri

KindaHorribleSubs_Natsume_Yuujinchou_San_-_39_720p.mkv_snapshot_22.39_2011.09.27_21.35.29

Di Jepang, musim panas lekat dengan nuansa mistis. Musim panas tidak lengkap tanpa adanya kegiatan jurit malam dan seratus cerita horror. Ada kepercayaan yang populer di Jepang, bahwa jika kamu dan teman-temanmu berbagi cerita horror di musim panas, pada akhir cerita yang ke-100, hantu sungguhan akan datang dan duduk bersama dengan kalian.

Nuansa horror ini tidak lepas dari kenyataan bahwa Festival Obon jatuh pada musim panas. Festival Obon adalah festival yang berawal dari tradisi penganut kepercayaan Buddha di Jepang untuk merayakan kedatangan leluhur mereka. Mereka percaya bahwa leluhur mereka yang telah meninggal dapat mengunjungi anak-cucunya yang masih hidup, sehingga diadakanlah perayaan untuk menyambut para leluhur.

Tidak hanya di dunia nyata, nuansa misteri ini rupanya juga diangkat ke berbagai anime yang ditayangkan di musim panas. Beberapa anime musim panas yang mengangkat nuansa misteri antara lain yaitu :

  • Natsume Yuujinchou (2008)

Natsume.Yuujinchou.full.36804

Anime ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Natsume Takashi yang dapat melihat youkai (makhluk halus). Karena kemampuannya melihat hal yang tidak bisa dilihat oleh orang lain itu, Natsume selalu dijauhi oleh orang lain dan dianggap pembohong. Walaupun terkesan seram, anime ini lebih banyak mengangkat hubungan antar manusia.

  • Umineko no Naku Koro ni (2009)

Umineko_no_Naku_Koro_ni_cover

Anime ini memang tidak berfokus pada hantu-hantuan atau sejenisnya, tetapi tetap mengusung genre misteri dan meramaikan anime bertema misteri yang ditayangkan pada musim panas. Anime yang diangkat dari Visual Novel ini mengangkat tema thriller bercampur dengan misteri. Bagi kamu yang menyukai cerita pembunuhan dengan sedikit twist di dalamnya, anime ini adalah anime yang tepat untukmu.

  • Danganronpa (2013)

dng-1-720x450

Sama seperti Umineko, anime ini tidak mengusung tema misteri berisi hantu, melainkan misteri yang berisi pembunuhan. Walau tidak segamblang Umineko, Danganronpa memiliki kasus pembunuhan yang cukup sadis yang disembunyikan dengan gambar boneka imut, dan dapat membuatmu susah tidur karena ‘sakit’.

2. Vacation in the countryside

mandom

“Hmmmm… Mandom”

Apa lagi yang identik dengan musim panas selain cerita misteri? Tentu saja, libur musim panas! Pada libur musim panas, kebanyakan orang Jepang mengirim anak mereka pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merasakan libur yang sesungguhnya (atau untuk dihukum). Pemandangan yang asri, suara serangga di kejauhan, tema pulang kampung memang paling asik dan menentramkan apabila diangkat juga di media dua dimensi.

  • Gin no Saji (2013)

Silver-Spoon

Anime yang diangkat dari manga berjudul sama buatan mangaka Arakawa Hiromu ini mengangkat tema kehidupan di peternakan. Anime ini memperlihatkan bagaimana seorang anak kota menjalani hidupnya yang berubah 180 derajat setelah memasuki sekolah khusus yang berada di pedesaan. Sebagai peringatan, menonton anime ini akan membuatmu ingin makan daging sapi, lho.

  • Barakamon (2014)

Barakamon

Handa Sei, seorang ahli kaligrafi muda ternama, terpaksa ‘dibuang’ oleh ayahnya ke daerah pedesaan untuk menenangkan diri setelah memukul seorang ahli kaligrafi senior. Sebagai orang kota, awalnya laki-laki yang akrab dipanggil Sensei ini merasa tertekan tinggal di kampung. Namun, akhirnya Sensei dapat mengapresiasi hal-hal kecil yang tidak akan didapatkannya apabila tinggal di kota besar. Ngomong-ngomong, sudahkah kamu membaca prekuel Barakamon yang berjudul “Handa kun”?

3. Sparkling Bishonen

sparkling bisshhhh

Apakah kamu sudah merasa segar melihat para lelaki yang berkilauan ini?

Suhu udara saat musim panas di Jepang itu benar-benar panas, lho. Panas sekali sampai rasanya mau melihat yang segar-segar. Para kreator anime di Jepang tampaknya sangat memahami perasaan para penikmat anime sehingga mereka banyak merilis anime yang akan melepaskan dahaga kalian semua.

  • Uta no Prince Sama (2011)

utapri

Siapa yang tidak mau bersekolah dikelilingi idol-idol yang tampaknya sangat perhatian padamu. Nanami Haruka, gadis yang sangat menyukai musik, mendapat kesempatan untuk menciptakan lagu bagi idol-idol di sekolahnya. Dapat melakukan hal yang disukai, ditambah bonus dapat dekat dengan idol yang ganteng-ganteng. Life goal, katamu? Sayang sekali, pencipta lagu dan penyanyi di sekolah ini dilarang untuk saling jatuh cinta.

  • Free! (2014)

free segar

Inilah dia solusi untuk kamu yang ingin menyelam sambil minum air. Kamu haus? Silakan nikmati pemandangan ikemen berenang. Kamu kepanasan? Pemandangan ikemen berenang. Kamu mau lihat yang segar-segar? Ikemen berenang. Solusi yang luar biasa. Free! adalah anugerah bagi para fujoshi yang sedang kehausan karena cuaca yang panas.

4. BL!

dmmdhot

Panas karena musim panas atau panas yang lain?

Sebenarnya saya sudah bingung sih ini mau bagaimana lagi mengaitkannya dengan musim panas. Karena musim panas… maka… errr… in heat maka ingin buka baju lalu tidak sengaja ditaksir cowo? Entah apa alasannya, tapi nyaris setiap tahun selalu ada anime bertema BL di line up anime musim panas.

  • DRAMAtical Murder (2014)

dmmd

Setelah merilis Togainu no Chi 10 tahun silam, nama Nitro+chiral dikenal di kalangan penikmat BL game sebagai perusahaan game yang selalu merilis BL game dengan cerita dan desain karakter yang menarik. Salah satu game buatan Nitro+chiral yang cukup dikenal adalah DRAMAtical Murder. Kepopuleran tersebut membawa game ini dibuat animenya dan ditayangkan pada musim panas 2014 lalu.

  • Junjou Romantica 3 (2015)

Junjou-Romantica

Para penggemar seri Junjou Romantica, pasti anime ini yang paling kamu tunggu-tunggu di musim panas tahun ini. Menyambung cerita dari season sebelumnya, pada season ini Takahashi Misaki yang sudah sedikit lebih dewasa masih tetap tinggal bersama dengan si novelis kaya raya, Usami Akihiko. Namun, tampaknya akan ada beberapa goncangan yang akan mengganggu pelayaran kapal cinta mereka (kapal cinta…).

barakamon fireworks

Misteri, liburan, karakter yang ‘menyegarkan’, dan BL. Demikian beberapa genre yang lazim diangkat ke anime musim panas. Yang mana genre favoritmu?

 

 

  • Frea Wu

    Uda musim panas liat anime yg panas pula (baca:yaoi), tapi uhhhhhkk aku menanti Junjou romantica s3, uuwaaahh KAMIJOUU (hug kamijou)~~~#ditendang nowaki

    • realicetic

      makin panas dong ya hehehe

  • Fia Citra

    Pastinya BL dunk =DDD <

    • realicetic

      waduh tapi nanti makin panas dong~

  • Nafila Rahmani

    Natsume Yuujinchou misteri? ciyus? ane kira friendship doang .-. yg horor skalian, Ranpo Kitan x’D human’s bones epriwer~ :v klo tema mudik, Non non biyori repeat? :’v sparkling bishonen, Aoharu x Kikanjuu? atau yg bara dikit: Gangsta :v
    curhat dong, ane kurang puas sama anime DMMd, cuma ada kisu scene doang .-. klo aja dibikin kek VN-nya, dijamin, gk bisa tayang di tipi :v
    genre favorit still, action keknya? x’D #TeamGodEater

    • realicetic

      yup, misteri yang hantu-hantuan.
      dmmd animenya diperhalus ya hahaha kalo yang eksplisit biasanya emang cuma ova sih

  • Fika-Chan Himeru

    kenapa BL di katikan ? =w=”
    BL cocoknya di tonton pas musim dingin jadinya panas //ngomong apaan lu

  • nyanmiaw

    haduh haduh pake noiz aoba ;w;

  • Princhesta

    BL dong! 😀