Mencicipi Ramen Jepang di “Hakata Ikkousha”!

By at January 15, 2015 12:42 am #
20131203_213123

Apakah kamu mengenal Ramen? Japanese noodle soup yang biasanya disertai dengan bermacam-macam daging dan topping di atas ramen seperti Naruto (bukan Naruto ninja yang terkenal itu, tapi Naruto yang dibuat dari ikan Surimi di Jepang). Ramen Jepang memiliki bermacam-macam kreasi dengan kelembutan mie serta kuah yang terasa kaldunya di lidah!

norinokonokoNaruto adalah benda putih dengan spiral pink di tengah

Saya yakin kamu semua penasaran dengan rasa ramen yang satu ini! Dibekali oleh info mulut ke mulut, saya mendapati diri saya cukup penasaran untuk mencicipi bagaimana rasa ramen Jepang yang mulai banyak di Jakarta, dan tentu saja pilihan saya jatuh kepada restoran Jepang yang cukup berbeda suasananya dengan restoran ala Jepang lainnya.

Hakata Ikkousha, sebuah restoran Ramen Jepang yang berada di Pantai Indah Kapuk (PIK), untuk mencobai rasa Ramen yang terkenal ini kamu harus datang di hari weekdays, karena kamu pasti tidak ingin menemukan panjangnya antrean di depan restoran ini di saat cacing dalam perut berdansa Tango pada saat weekend.

Ketika memasuki Ikkousha, saya sudah disambut dengan ramah oleh semua pelayan, benar sekali, semua pelayan berteriak menyambut setiap pengunjung yang datang! Kemudian mereka bertanya kepada saya ingin memilih meja yang mana, tentu saja saya memilih meja di samping jendela karena ingin menikmati suasana ambient ala Jepang serta sofa yang empuk!

20150112_204521

Pergurumulan dalam food traveling adalah saat memilih makanan, aneka pilihan rasa ramen membuat saya nampaknya mampu menampung air liur sampai sebaskom hanya karena melihat menunya. Jangan takut untuk bertanya kepada pelayan apa saja bedanya berbagai pilihan rasa di menu, karena pelayanan di Hakata Ikkousha sangat top sekali, mereka juga menyediakan wifi gratis untuk para konsumennya, sejauh ini pelayanan mereka sungguh membuat hati lemas ingin kembali lagi dan tak ingin pulang (terutama untuk wifinya yang cepat).

20150112_204229

Tidak usah khawatir dengan pilihan nonHalal di atas, saya sudah bertanya kepada salah satu pelayan, bahwa meskipun ada ramen yang menggunakan daging babi, semua kaldu kuah ramen menggunakan daging sapi dan ayam. Tentu saja dimasak dengan menggunakan panci yang berbeda, karena itu konsumen tidak perlu takut untuk mencobai ramen satu ini!

Banyaknya bermacam menu dari ramen, hingga kare dan masakan khas Jepang lainnya sampai sukiyaki juga disediakan disini, kisaran harga rata-rata diatas Rp. 50,000 . Cukup membuat kantong sedikit sakit, semoga saja rasa dengan harga tidak menipu.

Setelah berpikir sampai kepala panas dan cacing dalam perut sudah mulai menyanyikan opening Gundam, akhirnya saya memesan ramen Ayam special karena cukup penasaran dengan ramen rasa ayam. Yang kemudian ternyata saya dapat memilih topping tambahan serta pilihan mie yang saya inginkan! Wow this is spectacular!

20150112_205259

Tidak memakan waktu cukup lama sampai ramen yang saya pesan datang, psst disini minumannya bisa refill loh, jadi jangan segan-segan untuk menambah ocha sampai anda kembung!

Ramen terlihat menggiurkan, buih-buih yang terlihat di atas kuah ramen adalah tanda kuah dimasak dengan kepanasan yang rata sehingga mengakibatkan kaldu kuah menjadi buih yang matang. Air liur saya tidak bisa dibendung lagi, menginginkan ramen ini menari diatas lidah saya.

Beragam pilihan mie diberikan, tapi pilihan jatuh kepada mie keriting, tidak ada poin khusus kenapa memilih mie keriting, saya hanya suka mie keriting. Ketika mie diangkat dengan sendok, terlihat kepadatan mie dengan tekstur nya, mie tampak bertekstur licin menandakan bahwa kaldu meresap dengan sangat baik!

20150112_205338

Gigitan pertama, mie keriting biasanya bertekstur cukup kenyal dan keras karena disajikan bersama sop ayam panas, namun mi keriting ala ramen ini berbeda, selain tekstur kenyal yang ketika menggigit terasa sangat membuat gigi geraham menjadi gatal dan ingin menggigit kembali. Rasanya seperti tidak bisa berhenti menggigit karena gigi yang sedang tumbuh, gatal sekali.

20150112_205330

Bagaimana dengan rasa kuahnya? Kuah kaldu ramen ini sangat pas di lidah, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu berat, rasanya pas! Menggigit mie beserta kuahnya adalah hal yang sangat dianjurkan karena keseimbangan rasa membuat ramen ayam ini lahir untuk dinikmati semua orang. Untuk ramen ayam khas Hakata Ikkousha, dari poin 1-10 , ramen ini saya berikan angka 9! Worth to eat walau kocek yang dikeluarkan cukup membuat makanan ini adalah makanan ramen pilihan sebulan sekali untuk perut anda.

Setelah kenyang mencicipi ramen, lidah saya masih ingin dipuaskan dengan makanan pencuci mulut, disinilah letak point tambahan untuk Hakata Ikkousha, mereka menyajikan menu pilihan pencuci mulut!

20150112_204339

Tidak usah bingung dengan banyaknya pilihan rasa yang diberikan, Fold Crepe ini mengutamakan kepuasan konsumen sehingga mereka menyajikan taster untuk memilih crepe apa yang diinginkan, sayangnya porsi crepe sangat kecil, hanya berukuran sekitar 5cm lebih sedikit yang dipotong menjadi 4 bagian. Namun untuk soal rasanya jelas, nikmat!

Mereka juga menyajikan beragam pilihan eskrim dengan topping grass jelly atau buah-buahan serta bubble untuk menu pencuci mulut lainnya bagi yang tidak puas hanya dengan crepes!

Apa yang kalian tunggu lagi? Hakata Ikkousha berada tepat di daerah PIK tepat di depan putaran balik Fresh Market PIK. Untuk info lebih lanjut silakan ke website official mereka!
Salam Ramen!