Lima Manga Dengan Fujoshi Sebagai Tokoh Utama

yaoi

Akhir-akhir ini karakter fujoshi lazim ditemukan di manga ataupun anime, tetapi hanya menjadi karakter sampingan saja.  Lalu apakah ada manga atau anime yang menjadikan seorang fujoshi sebagai tokoh utama? Tentu saja ada! Kamu tentu masih ingat dengan manga Watashi ga Motete Dousunda yang pernah saya bahas beberapa waktu yang lalu? Manga unik yang menjadikan seorang gadis fujoshi sebagai tokoh utama tersebut rupanya bukan satu-satunya manga yang mengangkat kehidupan fujoshi, lho.

Berikut saya akan coba membahas lima manga dengan fujoshi sebagai tokoh utama.

1. Tonari no 801-chan

tonari

Tonari no 801-chan (dibaca : Tonari no Yaoi chan) merupakan internet manga berformat 4-koma (empat panel) yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 2006. Manga ini bercerita tentang keseharian seorang laki-laki otaku bernama Tibet, biasa dipanggil Tibe-kun/Chibe-kun, bersama dengan pacarnya yang bernama Yaoi (disinyalir bukan nama sebenarnya). Seperti layaknya pasangan otaku, Tibet dan Yaoi awalnya bertemu via Internet, lalu berpacaran. Yaoi yang biasanya manis, sering digambarkan berubah menjadi seekor monster berwarna hijau begitu membicarakan hal-hal yang menyangkut Boys Love. Manga ini pernah dibuat movie live action-nya pada tahun 2007 dengan Seto Koji sebagai Tibet. Manga ini sempat dikabarkan akan dibuat animenya, bahkan video preview berdurasi 90 detik pun sudah dibuat. Namun, pembuatan anime untuk seri ini akhirnya dibatalkan tanpa penjelasan lebih lanjut.

2. Watashi ga Motete Dousunda

watashigamotete

Kalau ini pasti sudah tahu, ya. Kamu dapat membaca review singkatnya di sini. Manga yang bercerita tentang fujoshi yang dikelilingi lelaki tampan (dan satu wanita tampan) ini adalah hasil karya seorang mangaka Boys Love, Junko. Makanya jangan heran kalau banyak adegan yang nyerempet-nyerempet di manga ini.

3. Fujoshi Kanojo

fujoshikanojo

Fujoshi Kanojo, sesuai dengan judulnya, bercerita tentang seorang mahasiswa yang mempunyai pacar seorang fujoshi. Ookawa Mutou, jatuh cinta kepada mantan rekan kerjanya saat baito, Ametani Yuiko. Saat menyatakan cinta, Ookawa salah mendengar jawaban Yuiko. Gadis yang lebih tua dari Ookawa itu menjawab “Tapi aku fujoshi” sedangkan Ookawa mendengarnya sebagai “Oke.” Coba tolong kupingnya dibersihkan dulu. Hari-hari Ookawa sebagai pacar seorang fujoshi pun dimulai. Yuiko ternyata adalah fujoshi yang egois dan tidak segan-segan menyuruh pacarnya itu cosplay dan memasangkannya dengan sahabat lelakinya sendiri. Manga ini telah dibuat movie live action-nya pada tahun 2009 lalu. Tokoh Ookawa yang selalu tertindas dan baper sendiri diperankan oleh Daito Shunsuke.

4. Mousou Shoujo Otaku-kei

mousou

Mousou Shoujo Otaku-kei, atau yang lebih dikenal dengan judul Fujoshi Rumi, bercerita tentang seorang fujoshi bernama Asai Rumi. Dari luar, sekilas Rumi tampak seperti siswi SMA biasa yang manis dan menyukai seni. Namun sesungguhnya Rumi adalah seorang hardcore fujoshi. Anime favoritnya adalah Fullmetal Prince (parodi gabungan dari Fullmetal Alchemist dan Prince of Tennis). Walaupun bercerita tentang Rumi, tetapi sering kali sudut pandang dari manga ini berpindah ke sudut pandang seorang siswa bernama Abe Takahiro. Abe sangat menyukai Rumi, namun gadis itu malah memasangkannya dengan sahabatnya sendiri, si playboy Chiba Shunsuke. Bagaimana perjuangan Abe memenangkan hati gadis pujaannya? Manga yang penuh dengan parodi anime lawas ini telah dibuat movie live action-nya pada tahun 2007 lalu.

5. F Ningyo

f-ningyo

Manga yang juga dikenal dengan sebutan Funingyo ini bercerita tentang putri duyung bernama Mero. Seperti layaknya cerita putri duyung lainnya, Mero sama sekali tidak pernah berhubungan dengan dunia manusia. Pengetahuannya tentang dunia manusia dia dapatkan melalui BL manga (…heh?), sehingga dia berpikir bahwa dunia manusia penuh dengan percintaan antara laki-laki. Suatu hari, Mero bertemu dengan seorang peneliti bernama Tsubasa Reiji. Tertarik untuk meneliti Mero lebih lanjut, laki-laki tersebut lalu membawa Mero ke dunia manusia dan menyuruhnya berpura-pura sebagai pacarnya. Namun, hal ini mengejutkan banyak pihak karena Reiji dikenal lebih mencintai ikan daripada manusia. Kemunculan Mero membuat rekan-rekan Reiji curiga. Sebaliknya, Mero merasa sangat senang karena akhirnya dia bisa melihat dunia BL (…oi). Manga berformat Internet Manga ini penuh dengan humor yang terjadi akibat kesalahpahaman antara teman-teman Reiji dan Mero.

yaoi fujoshis

Demikian lima manga dengan fujoshi sebagai tokoh utama. Kelima perempuan yang menjadi tokoh utama manga dalam list ini memiliki sikap masing-masing dalam menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya. Ada yang terang-terangan menunjukkan bahwa mereka adalah seorang fujoshi, ada pula yang menyembunyikan kenyataan tersebut. Namun, mereka dapat membuktikan bahwa menjadi fujoshi bukan berarti mereka tidak akan dapat merasakan percintaan layaknya perempuan biasa. Nah, dari kelima manga di atas, yang mana favoritmu?

  • Miyu

    Wkwkwk… lucu juga sih kalo ceritanya si tokoh utamanya itu fujoshi. Apalagi kalo kasusnya pacaran ama fujoshi. Gak kebayang betapa kesiksanya itu cowok xD kebayang ada fujoshi lokal (indo) ampe masangin pacarnya sendiri ama cwok lain xD /moga saya gak ikut2an/

    • realicetic

      jangan ya, kasian cowoknya. nanti kalo dia beneran belok gimana hahaha

      • Suma Zuma

        pacar saya sering bilang gitu.. “kalo aku beneran belok, kamunya yg sedih ntar loh”
        tapiiiiiiiiiiiiii… kedekatan dia ama sohib2 temen kampusnya (yg dia bilang bromance #guagapercaya! ) ituu bikin daku mikir yg iya iya (///▽///)
        ah.. bahagianya jadi fujoshi.. #plak!!

  • http://www.pixiv.net/member.php?id=8703981 nakafumin

    aku punya video pembuatan animenya tonari no yaoi-chan… yang buat dari studio A1 Pictures
    kok dibatalin…?

    • realicetic

      Kalau yang A1 pictures itu Tonari no Yaoi-chan R. Tapi sampai sekarang juga ga dirilis-rilis ya…

      • http://www.pixiv.net/member.php?id=8703981 nakafumin

        oohh beda kah? iya sih aku liat lagi ada Rnya.
        iya itu video kayaknya udh lama banget, tapi gk ada yg hebohin animenya. mungkin dibatalin..

  • Nisa

    Meski aku cewek, sampai sekarang aku nggak ngerti bagian mana dari BL yang menarik….Yang ada malah merinding serem ngeliatnya -_-

    • realicetic

      Gpp, sama kok kayak ga semua cowo doyan GL. To each their own 😀

  • Shafa Tasyanabyla

    wkwkwk… pernah dikelas gue banyak uke nya :v