Musim Semi Telah Datang, Mari Melihat Sakura Bermekaran!

By at April 4, 2015 8:31 pm #
Sakura viewing Banner

Hanami yang berarti memandangi bunga adalah tradisi Jepang yang sangat penting selama musim semi. Pada Festival Hanami yang biasanya berlangsung dari pertengahan bulan Maret hingga awal bulan Mei ini, kita bisa melihat keindahan bunga sakura bermekaran di seluruh pelosok Jepang.

Perlu kalian ketahui bahwa perubahan suhu udara, angin, dan hujan bisa menyebabkan sakura bermekaran di waktu yang berbeda. Suhu udara yang hangat bisa membuat bunga sakura mekar lebih cepat. Kalian perlu mempersiapkan rencana yang sangat matang dan berdoa agar tidak melewatkan acara spektakuler yang hanya berlangsung selama seminggu atau dua minggu ini. Kesempatan terakhir untuk menikmati hanami ini hanya bisa kalian lakukan di bagian utara Jepang, seperti di Hokkaido.

Mengutip website See Japan, berikut daftar 5 tempat ideal untuk melihat sakura :

1. Taman Kastil Hirosaki, Aomori

sakura2_10
Foto: Japan Magazine

Untuk mencapai taman kastil Hirosaki ini kalian bisa menaiki bus Konan dari Stasiun JR Hirosaki ke Shiyakusho-mae-koen-iriguchi selama kurang lebih 15 menit. Kemudian kalian cukup berjalan kaki 1 menit dari halte bus.

Sakura di taman ini mulai bermekaran diperkirakan pada akhir April hingga akhir Mei. Untuk pengalaman hanami terbaik, kalian bisa berjalan di sekitar parit pada bagian sebelah barat kastil untuk menikmati pemandangan jembatan merah Shunyo, sakura yang bewarna pink pucat, dan Gunung Iwaki yang ditutupi salju. Festival Sakura Hirosaki diselenggarakan mulai dari tanggal 23 April hingga 5 Mei setiap tahunnya. Jadwal bisa berubah tergantung kapan sakura bermekaran di kastil Hirosaki ini.

Taman kastil Hirosaki yang seluas 49.2 hektar ini memiliki sekitar 2,600 pohon dengan 50 jenis sakura, paling banyak pohon sakura jenis Somei-yoshino. Pada tahun 1715, 25 pohon ditanam di “Nishi-no-Kuruwa”, di antara pohon-pohon tersebut, Kanzan dan Kasumi-zakura masih mekar hingga sekarang. Sakura Somei-yoshino yang berumur 120 tahun ini sangat populer dan katanya merupakan pohon sakura tertua di Jepang.

2. Yoshino-yama (Gunung Yoshino), Nara

2011_02
Foto : Japan-guide

Di Yoshino-yama terdapat sekitar 30,000 pohon sakura dan tempat ini dianggap sebagai tempat terbaik untuk hanami. Beberapa tahun silam, orang-orang Jepang memiliki tradisi untuk memberikan tunas pohon sakura ke Balai Zao-do di Kuil Kinpusen-ji. Pohon tersebut kemudian ditanam kembali di gunung yang terletak di dekat kuil.

Pada awal April, bunga sakura (kebanyakan jenis Shiroyama-zakura) mulai bermekaran dari bagian Shimo-senbon (kaki gunung) hingga Naka-senbon (bagian setengah ke bawah gunung), Kami-senbon (bagian setengah ke atas), dan akhirnya ke Oku-senbon (puncak gunung). Pemandangan indah ini dapat berlangsung hingga sebulan lamanya.

Di Yoshino-yama ini juga terdapat Kuil Yoshimizu yang berumur sekitar 1300 tahun dan Kuil Yoshino Mikumari, tempat pemujaan dewi Ameno Mikumari yang memberkati para wanita dengan kesuburan dan keselamatan dalam melahirkan.

4156_11
Kuil Yoshino Mikumari. Foto : Japan-guide

3. The Japan Mint, Osaka

the-crowd-in-a-weekend-afternoon
Foto : Japan Travel

Kalian bisa menikmati 120 macam pohon sakura sambil berjalan di jalur sepanjang 560 meter yang dibuka mulai pada pertengahan April. Jalur ini terbentang dari Gerbang Selatan (area Tenma-bashi) hingga Gerbang Utara (area Sakura-bashi), dan dibuka selama seminggu. Area ini terdapat di dekat Sungai Yodo, untuk mencapai tempat ini kalian berjalan kaki sekiatar 10 menit dari subway Tenmabashi Station. Event tradisional ini telah diadakan sejak akhir abad ke-19. Beberapa jenis sakura yang terkenal di daerah ini adalah Kanzan, Fugenzo, Shogetsu,Benitemari, Shibayama, Kizakura, dan Yokihi.

temari-sakura
Foto : Japan Travel

4. Ueno Park, Tokyo

Ueno Sakura Hanami-Jessica A Paje
Foto : Japan Travel

Ueno Park adalah tempat terpadat, paling berisik, dan paling populer untuk hanami. Di taman ini terdapat lebih dari 1000 pohon sepanjang jalan menuju Tokyo National Museum dan sekitar Shinobazu Pond. Ketika hari mulai gelap, pohon-pohon ini akan diterangi cahaya lampu lentera sehingga menjadi pemandangan yang menakjubkan. Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat para geisha cantik yang mengenakan kimono dan obi berwarna-warni sedang memperlihatkan pertunjukkan seni seperti musik, tarian, dan permainan tradisional.

Statue-SaigoTakamori
Patung Saigo Takamori

Ueno.Park.640.1358-tokyoezine-ERIK

Foto : Erik

5. Taman Benteng Goryokaku, Hokkaido

hanami at fort goryokaku-hakodate travel
Foto : Hakodate Travel

Di tempat yang merupakan benteng peninggalan zaman Edo, Benteng Goryokaku, kalian bisa melihat bunga sakura dan plum bermekaran secara bersamaan. Goryokaku adalah benteng pertahanan bergaya barat yang didirikan oleh shogunate Tokugawa (1857-1866) di kota pelabuhan Hakodate.

Benteng yang merupakan salah satu bangunan terbesar yang pernah dibangun di Jepang ini, terletak di sebuah pulau berbentuk bintang. Untuk melihat tampilan pulau berbentuk bintang ini dengan lebih seksama, kalian bisa naik ke dek observasi di Goryokaku Tower.

Kini 1,600 pohon sakura bermekaran di pinggiran danau buatan yang mengelilingi benteng ini. Sambil melihat sakura, kalian bisa makan jingisukan, daging domba panggang makanan khas Hokkaido.

2011100515045824c
Jingisukan di restoran KUROHITSUJI. Foto : Tokyo Joe

Jika kalian berencana untuk hanami di Jepang, pastikan kalian sudah mengecek kapan sakura akan mulai bermekaran, persiapkan perbekalan yang cukup, dan berdoalah semoga kalian bisa menikmati hanami dengan nyaman. Untuk mengetahui waktu yang ideal untuk melihat sakura bermekaran, kalian bisa mencari tahu lebih jauh dengan mengunjungi halaman website Japan National Tourism Organization. Selamat menikmati musim sakura! (^o^)/

Banner source : Japan-guide