Top 10 Skenario yang Kerap Muncul di Shojo Manga

By at March 13, 2015 9:44 pm #
friendship pic 2 - Copy

Shojo manga atau komik cewek, adalah jenis manga yang lebih menekankan pada konflik interpersonal dan dinamika yang lebih ‘nyata’. Sebagian besar ceritanya mengangkat seputar masalah percintaan, persahabatan dan kehidupan sekolah. Tidak seperti shonen manga (komik cowok) yang sering mengangkat tema fantasy, shojo manga terkesan lebih rasional dan lebih dekat dengan dunia nyata.

Berikut ini adalah 10 scene yang kerap kali muncul di shojo manga yang merupakan hasil survey dari 500 perempuan yang dilakukan oleh perusahaan penelitian iBridge untuk Goo, portal internet Jepang.

10. Si cewek jadi teman baik dari seorang cowok padahal karakter mereka berbeda 180 derajat. (17.6%)
273074-young-yuki-and-zero

Membuat dua karakter berkebalikan, dengan cara berpikir masing-masing tokoh yang berbeda akan memudahkan author untuk menjaga cerita agar berjalan sesuai yang seharusnya dan tidak akan terlalu banyak memunculkan drama. Karenanya, scene jenis ini sering ditemukan saat kita membaca shojo manga.

9. Seorang cowok keren yang pindah dan menempati rumah di sebelah rumah si cewek. (19.4%)

Dengan kondisi rumah yang berdampingan dikatakan akan memunculkan kesan sweet-romantic. Benarkah? Percaya atau tidak, kita sering menjumpainya di shojo manga.

8. Satu-satunya yang menonjol dari diri cewek si karakter utama hanyalah sifat cerianya, tapi semua cowok menyukainya. (21.2%)

knc_chapter_47.kiniro_no_corda_025
Seperti pada shonen manga yang tokoh utamanya akan mendapatkan apa yang ia harapkan jika berusaha keras, maka dalam poin ini pun mengandung hal yang serupa. Meski karakter lain sibuk berusaha untuk melindungi si cewek, tapi perlahan karakter cewek ini akan tumbuh seiring dengan ia berusaha.

7. Si cewek karakter utama yang kehilangan kontak dengan cowok teman masa kecilnya.Tapi kemudian cowok itu muncul setelah sekian tahun berlalu dan menjadi murid baru di sekolahnya. (24%)

Scene jenis ini sering sekali muncul di shojo manga kalau kalian menyadarinya. Bahkan bisa menjadi konflik utama dari cerita.

6. Ketika si cewek berlari tak menghiraukan sekitar, kemudian bertabrakan dengan seorang cowok. (24.2%)

PhotoGrid_1426221111202
Scene ini akan mendapatkan kesan dari si cowok kalau saja si cewek tengah berlari karena terlambat. Atau akan lebih berkesan lagi kalau si cewek berlari masih dengan menggamit setangkup roti dalam mulutnya.

5. Si cewek yang menyukai ‘pangeran’ sekolahnya. (24.6%)

Di beberapa manga series kita menemukan bahwa tujuan utama si tokoh utama adalah untuk mencapai ketenaran atau kepopuleran. Tak jarang si cewek tokoh utama dengan karakter yang biasa-biasa saja pada akhirnya memiliki hubungan spesial dengan si cowok populer. Ataupun sebaliknya.

4. Tangan yang tanpa sengaja saling bersentuhan sewaktu ingin mengambil buku yang sama. (26.8%)

fbcd54e0afdcaeb23c09b6954fd31699a - Copy
Tak peduli di perpustakaan atau toko buku, kesamaan hobi atau buku bacaan bisa menjadi jalan pintas untuk menyatukan dua karakter. Scene ini sering kita temukan dalam beberapa komik cewek.

3. Si cewek yang sebenarnya bodoh, tapi disukai oleh teman-temannya. (27.2%)

Untuk scene ini, sebenarnya sama dengan respon di nomor 8. Kita kerap kali menemukan karakter dimana si tokoh utama terkesan bodoh, tapi memiliki sisi lucky yang membuatnya disukai oleh teman-temannya. Semacam karakter yang sedikit menyebalkan tapi sulit untuk kita membencinya.

2. Entah karena alasan apa, si cewek tinggal satu rumah dengan si cowok. (28.2%)

C360_2015-03-13-06-59-08-385

Seperti respon nomor 9, scene ini dikatakan paling mudah memunculkan kesan sweet-romantic. Mungkin di awal, masing-masing karakter akan terkesan dingin namun pada akhirnya akan saling menaruh perhatian.

1. Si cewek dengan karakter yang terkesan ‘remaja banget dengan problematika kehidupannya’. (34.6%)
tumblr_mvtnp5XFah1rwefjjo1_500
Mayoritas pembaca manga adalah mereka yang masih remaja dengan kisaran usia 20 tahun. Maka, karakter dalam manga dibuat memiliki masalah dengan kehidupan kesehariannya. Misalnya masalah pencarian jati diri, minat, tujuan hidup dan segala hal yang berhubungan dengan problematika anak muda.

Nah, menurut kalian, scene mana sajakah yang sering kalian jumpai bila membaca shojo manga?

 

Source: japantoday.com

  • fujoshi5

    Semua jenis yang tersebut udah aku baca

  • Rinjani

    haai, yang nomer 8 itu cuplikan shoujo apa?

  • latesleeper

    nomor 1 dari manga apa ya?