“Ludwig Kakumei”, Fairy Tale Bernuansa Gothic Ala Yuki Kaori

By at March 14, 2015 8:55 am #
tumblr_mgymm8GfaQ1rna0x2o1_1280

Fairy Tale. Siapa yang tak tahu tentang fairy tale? Rasanya sebagian besar dari kita pasti dapat menyebutkan beberapa judul fairy tale. Snow White, Cinderella, Little Red Riding Hood, Hansel & Gretel, dan Sleeping Beauty adalah contoh beberapa judul fairy tale yang banyak dikenal. Sekarang, apa kamu tahu Yuki Kaori? Tidak familiar? Apa kamu ingat sesuatu kalau saya menyebutkan beberapa judul manga seperti “Count Cain” dan “Angel Sanctuary”? Betul, Yuki Kaori adalah mangaka dari kedua manga fenomenal tersebut. Bagaimana jadinya kalau mangaka yang dikenal memiliki gambar yang indah serta cerita yang twisted ini menaruh perhatian pada fairy tale?

Hasilnya adalah “Ludwig Kakumei”.

Ludwig_Kakumei_volume_1

“Ludwig Kakumei” bercerita tentang seorang pangeran bernama Ludwig yang sedang mencari istri. Kaya dan tampan, seharusnya sangatlah mudah bagi Pangeran Ludwig untuk mendapatkan seorang istri. Namun, ternyata sang pangeran ternyata memiliki hobi aneh, yaitu… lebih suka laki-laki? Hopefully, tapi sayangnya, bukan. Pangeran Ludwig menyukai wanita, tetapi yang sudah tidak hidup lagi, alias mayat. Pangeran tampan ini hobi mengoleksi mayat-mayat wanita yang disimpan di dalam lemari kaca. Pusing melihat kelakuan aneh anaknya, sang raja pun memerintahkan Ludwig untuk mencari istri. Kali ini dia harus membawa pulang wanita yang masih hidup. Ditemani oleh pelayan setianya, Wilhelm, pangeran nyentrik ini akhirnya keluar dari istana dan mengembara untuk mencari istri.

Perjalanan Ludwig mencari istri tentu saja tidak berjalan mulus. Dalam perjalanannya, Ludwig dan Wilhelm tidak hanya bertemu dengan para putri dari fairy tale ternama. Mereka juga bertemu dengan beberapa pembunuh bayaran yang menaruh dendam pada sang pangeran. Hal yang sangat wajar karena kepribadian pangeran kita ini memang sangat mengundang orang lain untuk membencinya.

Berikut profil tokoh-tokoh yang muncul dalam manga yang memiliki humor gelap ini.

lui

Prince Ludwig

Tokoh utama dari manga ini. Sangat tampan dan cerdas, tapi luar biasa aneh dan playboy. Tadinya lebih menyukai mayat, tetapi akhirnya insyaf (sedikit) dan mulai serius mencari wanita hidup. Kriteria wanita idamannya sekarang adalah yang berdada besar. Pangeran yang memiliki nama panggilan Lui ini saking tampannya kadang sering disangka sebagai wanita. Memiliki sifat manipulatif dan kejam, banyak yang meyakini bahwa pangeran ini tidak akan pernah bisa mencintai orang lain seumur hidupnya. Tapi benarkah demikian?

wilhelm

Wilhelm

Pelayan Pangeran Ludwig. Berbeda 180 derajat dari tuannya yang luar biasa kejam, Wilhelm adalah laki-laki yang sangat lembut dan baik hati. Sampai kadang malah jadi terlihat bodoh saking naifnya. Pangeran Ludwig sangat suka mengerjai pelayannya ini. Wilhelm sebenarnya ditaksir oleh seorang pembunuh bayaran seksi, tapi laki-laki lugu ini tampaknya tidak sadar akan perasaan sahabatnya tersebut.

lisette

Lisette

Lisette adalah seorang pembunuh bayaran yang selalu menggunakan tudung merah (red hood). Pada awalnya, Lisette yang juga sahabat Wilhelm sejak kecil ini adalah seorang gadis kecil yang manis. Namun, Ludwig kecil yang saat itu sedang iseng berhasil membohongi gadis itu dengan mengatakan bahwa Lisette telah dijual oleh orang tuanya. Terbakar emosi, Lisette membantai seluruh keluarganya sendiri. Setelah beberapa lama menjadi buronan, Lisette kembali sebagai seorang pembunuh bayaran seksi yang sangat mata duitan.

tumblr_mly7oycB6w1rdm4moo6_250

Friederike

Seorang putri yang terkena kutukan tidur abadi. Friederike dikisahkan memiliki kecantikan dan bakat yang melimpah. Pada ulang tahunnya yang ke-15, Friederike tanpa sengaja menemukan kenyataan bahwa ayahnya menyembunyikan banyak selingkuhan di sebuah tower di istana. Salah satu selingkuhan ayahnya bahkan mengatakan bahwa Friederike adalah anak hasil pemerkosaan dan bahwa bakatnya adalah bukan miliknya sendiri. Friederike yang shock lalu menusukkan jarinya sendiri ke mesin pemintal dan bersumpah; apabila yang dikatakan oleh selingkuhan ayahnya adalah benar, maka dia tidak akan terbangun lagi dari tidurnya.

dorothea

Dorothea

Dorothea adalah penyihir yang mengutuk Friederike. Dendam karena tidak diundang ke pesta kelahiran Friederike, Dorothea mengutuk gadis itu. Namun sebenarnya kutukan Dorothea tidak sekuat itu, terbukti dengan keterkejutannya ketika Friederike benar-benar tertidur abadi. Penyihir yang memiliki kecenderungan masochist ini akhirnya jatuh cinta pada Ludwig dan bergabung dengan rombongan pangeran itu dalam mencari istri.

julius

Prince Julius

Shota yang tiba-tiba muncul dan mengaku sebagai anak haram ayah Pangeran Ludwig. Sikap manis dan lugunya ternyata merupakan kedok, karena Julius sangat membenci Ludwig. Tapi apakah pepatah yang mengimbau kita untuk tidak terlalu membenci orang lain karena suatu saat akan berubah menjadi cinta adalah benar?

 pikk

Secara keseluruhan, manga yang telah memiliki sekuel berjudul “Ludwig Gensoukyoku” ini sangat memanjakan mata. Desain tokoh yang cantik, ide yang tidak biasa, apa lagi yang kamu inginkan? Bagi kamu yang menyukai humor gelap, tidak berkeberatan melihat darah, dan rela dongeng masa kecilmu diinterpretasikan secara kreatif oleh Yuki Kaori, “Ludwig Kakumei” adalah pilihan yang tepat untukmu.

tumblr_lzg4u9zrCA1qlby7lo1_1280