Perayaan White Day Di Jepang

By at March 14, 2015 10:17 pm #
Kyo Kara Maoh! Happy White Day

Bila bulan lalu ada Valentine Day atau Hari Kasih Sayang pada tanggal 14 Februari, maka pada tanggal 14 Maret ini ada White DayValentine Day adalah hari di mana kita memberikan hadiah dan mengungkapkan kasih sayang kita kepada orang yang kita sayangi. White Day adalah hari di mana orang membalas perbuatan tersebut. Ketika orang Jepang menerima hadiah, mereka merasa untuk membalas kebaikan tersebut atau memberikan sesuatu. Khusus di Jepang, para perempuan memberikan hadiah kepada pria. Di White Day para perempuan akan mendapat hadiah balasan dari pria. Valentine Day dan White Day ini tidak dikhususkan hanya untuk orang yang mempunyai kekasih, kita juga dapat merayakannya dengan keluarga, sahabat, dan rekan kerja. Di beberapa sekolah di Jepang, ada murid-murid laki-laki yang memberikan cokelat kepada para murid perempuan di kelasnya sebagai ungkapan terima kasih atas persahabatan mereka selama belajar bersama. Kemudian, mereka mendapat balasannya pada hari White Day.

Pada tahun 1965, perusahaan penganan Ishimura Manseido yang terletak di Fukui mencetuskan hari khusus baru dalam rangka untuk meningkatkan penjualan. Hari khusus itu disebut Marshmallow Day. Namun pada tahun 1978, Asosiasi Industri Penganan Nasional mengganti Marshmallow Day menjadi White Day dan menetapkannya sebagai hari untuk memberikan hadiah balasan dari Valentine Day.

 

matome_20150115083902_54b77ca6b496e-kabegami

Love Marshmallow

 (sumber : kamegami)

usagi_main

Rabbit Marshmallow

Hadiah untuk White Day dapat berupa apapun, dari makanan hingga berlian. Makanan mahal seperti cokelat merk Godiva edisi khusus bisa menjadi pilihan hadiah yang cocok. Menurut media Nikkei Women dan Ageil Media Network, hadiah buatan tangan yang dibuat dengan tulus pun dapat menjadi hadiah White Day yang personal dan bernilai tinggi. Pria yang bisa memberikan cokelat enak buatan sendiri tentu lebih menarik seperti para ikumen (para suami atau ayah yang aktif terlibat dalam kegiatan rumah tangga dan membesarkan anak). Untuk para pria yang merasa percaya diri akan kemampuan memasaknya, bahkan ada kompetisi memasak khusus White Day di Jepang yang berjudul “White Day Daisakusen: Ikeotoko eno michi” (White Day Strategy: The way of cool men).

Yahoo! Japan mengadakan survey dari 1000 perempuan dan pria berusia 20 hingga 59 tahun untuk mencari tahu tentang apa yang mereka harapkan atau siapkan untuk White Day. Hadiah yang diinginkan perempuan pada urutan ke-5 adalah cookies (28.7%), disusul aksesoris fashion (36.1%), kue (36.7%),dan cokelat (36.8%) pada urutan ke-2. Menempati urutan pertama adalah makanan manis edisi terbatas (42.3%).

il_570xN.478292906_gla6

Aksesoris berbentuk cupcake red velvet
(sumber)

whiteday_img

Donat Krispy Kreme khusus White Day

Sayangnya, hadiah yang dipikirkan para pria tidak sama dengan harapan para perempuan. Cookies dan cokelat menempati urutan pertama (36.6% dan 30%), disusul kue (13.8%). Di urutan ke-3 permen (13.8%), makanan manis edisi terbatas di urutan ke-4 (11.4%), dan aksesoris menempati urutan terakhir (3.2%).

Menurut survey di situs Nikkei Women ini, 55.7% perempuan yang mengharapkan hadiah balasan bernilai empat kali lipat dari yang mereka berikan pada waktu Valentine Day. Namun itu tidak berarti hadiah White Day harus berjuta-juta. Lebih dari 80% responden berpendapat bahwa mereka berharap untuk mendapatkan hadiah yang berharga di bawah 1,500 yen atau kira-kira sama dengan Rp. 163,000.

Survey tersebut juga bertanya apakah para perempuan Jepang akan senang jika mendapat hadiah yang bernilai lebih rendah dari hadiah Valentine Day mereka. Mayoritas sebanyak 52.8% responden menjawab bahwa pria yang bersusah payah pergi ke toko untuk membeli atau memesan hadiah spesial, dan 51.2% berkata bahwa mereka senang dengan hadiah yang sesuai dengan selera mereka berapa pun harganya. Yang penting adalah niat dalam memberikan hadiah, bukan harga barangnya.

White Day Banners-2

Top image : “Kyo Kara Maoh!” – Matsumoto Temari

Sumber : japantoday