8 Anime Shōjo Legendaris Ini Akan Membawamu Bernostalgia

By at March 5, 2015 11:02 pm #
Wikia-Visualization-Main

Jauh sebelum bermunculan berbagai serial shōjo populer seperti Vampire Knight dan Kaichou wa Maid Sama!, sudah banyak judul tenar yang diluncurkan lebih dulu untuk para pecinta animanga terutama kaum perempuan. Kepopuleran anime shōjo di dunia hiburan Jepang telah dimulai lebih dari 3 dekade lalu. Karya cantik dengan target pasar para wanita muda ini telah meraup jutaan penggemar dari seluruh dunia. Berikut ini adalah daftar anime shōjo legendaris yang masih dikenang hingga sekarang.

1. Wedding Peach (1994)

Wedding_peach-003

Pada pertengahan 1990-an di Jepang populer anime shōjo tentang tiga pahlawan cantik yang identik dengan kostum gaun pengantin. Mereka bertiga adalah Wedding Peach yang terdiri dari Momoko Hanasaki, Yuri Tanima dan Hinagiku Tamano. Mereka bertiga adalah teman sekolah yang tergabung dalam klub jurnalistik dan sama-sama menyukai satu pemuda, Kazuya Yanagiba. Suatu hari, tiga sahabat ini mengalami penyerangan oleh iblis saat pulang sekolah. Atas bantuan Dewi Aphrodite, mereka mendapatkan kekuatan super untuk melawan kejahatan iblis Reine Devila.

Anime ini diangkat dari serial manga karya Sukehiro Tomita dan Nao Yazawa. Di Jepang sendiri, Wedding Peach mulai ditayangkan pada bulan April 1995 sebanyak 51 episode.

2. Hana Yori Dango (1996)

Hana.Yori.Dango.full.958761

Kisah tentang satu cewek bermental petarung melawan geng pemuda kaya berjuluk F4 mungkin sudah sangat lekat di benakmu. Sudah banyak drama laris yang diadaptasi dari manga Hana Yori Dango karangan Kamio Yoko. Versi anime-nya pertama kali ditayangkan pada tahun 1996. Perjuangan Tsukushi Makino melawan kebengisan geng F4 penguasa SMA Eitoku ini tampaknya sudah terlalu fenomenal. Geng pemuda kaya yang sewenang-wenang ini beranggotakan Domyouji Tsukasa, Rui Hanazawa, Akira Mimasaka dan Sojirou Nishikado.

Kisah mereka berlima mereka diwarnai komedi, intrik persahabatan dan cinta segitiga. Versi anime dari Hana Yori Dango diproduksi sebanyak 51 episode dan telah diadaptasi menjadi drama seri oleh produser film dari berbagai negara.

3. Basara (1998)

basara1

Yumi Tamura dan ide cerita petualangan yang antimainstream sepertinya memang sudah berjodoh. Basara adalah manga shōjo bergenre historical romance yang pertama kali ditulis pada tahun 1993. Cerita petualangan Sarasa mencari keadilan untuk saudara kembarnya, Tatara, yang terbunuh oleh Raja Merah ini telah diadaptasi menjadi serial anime pada tahun 1998.

Basara merupakan salah satu karya animanga dengan plot twist yang sangat memikat. Dalam perjalanannya mencari keadilan, Sarasa bertemu banyak orang dan mengalami cinta terlarang dengan pemuda bernama Shuri. Tanpa diketahui Sarasa, Shuri adalah Raja Merah yang telah lama dicari-cari olehnya. Basara telah memenangkan Penghargaan Manga Shogakukan dan disebut-sebut memiliki alur cerita sefenomenal karya William Shakespeare. Wow!

4. Rose of Versailles (1979)

lady oscar

Rose of Versailles tetap dikenang hingga beberapa dekade barangkali karena tiga alasan: plot cantik nan rumit, setting Revolusi Perancis yang mengesankan, dan kisah cinta tragisnya. Anime yang diangkat dari manga karya Riyoko Ikeda ini ber-setting di Perancis dan Austria sekitar tahun 1775. Protagonis utama cerita ini adalah seorang wanita bernama Oscar Francois d’Jarjayes. Keluarga Jarjayes secara turun-temurun dipercaya untuk berdiri di jajaran tertinggi pasukan kerajaan. Tradisi itu menjadi terhambat karena semua anak Jenderal Jarjayes adalah perempuan. Akhirnya, mau tidak mau Oscar harus masuk ke pelatihan militer dan menyamar menjadi laki-laki.

5. Card Captor Sakura (1998)

Card_Captor_Sakura_and_syaoran

Manga karya CLAMP yang diadaptasi menjadi anime oleh Studio Madhouse ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sakura Kinomoto. Suatu hari, Sakura tidak sengaja membuka sebuah buku yang berisi Clow Card. Ketika buku itu terbuka, kartu sebanyak 52 lembar bertebaran ke seluruh kota Tomoeda sehingga Sakura dan teman-temannya harus berpetualang mengumpulkan kartu-kartu tersebut. Anime Card Captor Sakura terdiri dari tiga seasons yaitu Clow Card, The Last Stand dan Sakura Card.

6. Sailor Moon (1992)

Sailor-Moon-2013-sailor-senshi-33960929-2262-1500

Serial shōjo karya Naoko Takeuchi ini bercerita tentang seorang gadis pemalas bernama Usagi Tsukino. Suatu hari, Usagi ini tiba-tiba mendapat kekuatan super setelah bertemu dengan seekor kucing bernama Luna. Misi besar Usagi adalah mencari Putri Bulan dan Kristal Perak. Animanga Sailor Moon juga menceritakan kisah cinta antara Usagi dan Mamoru Chiba yang bisa berubah menjadi Tuksedo Bertopeng. Barangkali scene lempar mawar merah oleh satu-satunya ikemen di serial ini adalah adegan yang paling mudah diingat. Tentunya setelah adegan Sailor Moon menunjuk musuh dan mengucapkan quote legendaris, “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!”

7. Candy Candy (1976)

candy_candy

Animanga Candy Candy mengisahkan perjalanan hidup Candice “Candy” White Audrey. Candy adalah seorang gadis yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Perjalanan hidup Candy yang unik dan kisah cintanya dengan Anthony menjadi warna tersendiri bagi animanga ini. Candy Candy ditulis oleh Kyoko Mizuki dan versi anime-nya ditayangkan oleh TV Asahi dan telah difilmkan sebanyak 4 judul yang berbeda. Old but gold!

8. PowerPuff Girls Z (2006)

powerpuff-girls-z-23458

Anime yang biasa disingkat dengan PPGZ ini adalah versi Jepang dari PowerPuff Girls produksi Cartoon Network. Nama karakternya masih sama dengan PPG versi Amerika yaitu Blossom, Bubble dan Buttercup. Kisah seru tiga pahlawan cewek warna-warni ini diluncurkan pada tahun 2006 di TV Tokyo. Bagi para penggemar PPG baik versi Amerika maupun versi Jepang, tentunya sudah kenal dengan Profesor Utonium yang menciptakan tiga pahlawan super ini. Satu lagi karakter penting dalam serial ini yang juga tidak pernah dilupakan adalah si penjahat usil yang selalu membuat sebal PowerPuff Girls. Siapa dia? Yap, Mojo Jojo!

Oke, berminat menonton lagi sekalian bernostalgia? 😀

Sumber: Wikipedia

  • Mutiara Fairoza

    Ini mah generasi 90-an banget! Udah lihat semua kecuali basara. Gila aku generasi jadul ternyata!