“Team Batista no Eikou” : House + CSI ala Jepang

By at March 6, 2015 1:27 pm #
961146_831589190242590_1156632534_n

Dorama yang membahas dunia kedokteran memang tidak begitu banyak dan ‘kalah’ pamor dari dorama bertema romance dan slice of life. Karena itu kali ini mari kita bahas sebuah medical-dorama yang dikenal luas di Jepang, “Team Batista no Eikou” (The Glorious Team Batista).

Dorama ini diangkat dari seri novel karya Kaidou Takeru yang juga seorang dokter. Mengisahkan tentang dokter Taguchi Kohei yang merupakan seorang psikiater (that is, SpKJ, alias spesialis kesehatan jiwa) dari rumah sakit universitas Toujou yg terkenal dengan tim operasi elit bernama ‘Tim Batista’. Tim elit tersebut baru saja dirundung masalah setelah beberapa operasi mereka berakhir dengan kegagalan dan kematian pasien. Taguchi yang dianggap sebagai pihak netral di rumah sakit diminta untuk menyelidiki masalah tersebut bersama dengan Shiratori Keisuke, birokrat dari kementerian kesehatan yang juga diberi tanggung jawab serupa.


Campuran genre medical dan misteri (bahkan dapat menyentuh genre crime) menjadi alasan utama dorama ini diminati. Selain itu interaksi antara Taguchi dan Shiratori dapat membuat pinggang jatuh. Dunia kedokteran tidak harus dibuat sulit untuk dipahami dan dinikmati kan?

400898_pcl400898_pcl281336_originalSource : google

Taguchi  ‘gucchi’ Kohei (Atsushi Itou)
Psikiater dari RS universitas toujou. Sejak dulu bagian psikiatri dianggap ‘anak tiri’ oleh rumah sakit dan tidak digubris, bahkan ada julukan ‘grumble clinic‘ untuk bagian psikiatri karena hampir semua pasien yang datang hanya untuk mengeluh mengenai sakitnya kepada dokter. Saat tim batista mendapat masalah karena serangkaian operasi dengan kematian misterius, Taguchi diminta pihak rumah sakit untuk menyelidiki karena bagian psikiatri dianggap netral di tengah konflik dalam rumah sakit sendiri.

Shiratori Keisuke (Toru Nakamura)
Birokrat dari kementerian kesehatan dan ketenagakerjaan yang bertugas untuk menyelidiki berbagai kasus medis yang dicurigai malpraktek dan kejanggalan lainnya. Sebagai mantan dokter, Shiratori mengetahui rumitnya dunia rumah sakit dan konflik internal yang terjadi di dalamnya sehingga sering menjadi andalan kementerian untuk menyelidiki kasus-kasus yang sensitif dan sulit dilacak. Running gag yg ada setiap season adalah gelar di kartu nama Shiratori y400898_pclang semakin lama semakin panjang.

 

The_Glorious_Team_Batista-MovieSource : google

Loh tunggu, kok ada movie dimana Taguchi jadi wanita? Versi movie dari seri ini memang muncul pertama kali tahun 2008 dengan Yuko Takeuchi berperan sebagai Taguchi dan Hiroshi Abe sebagai Shiratori. Beberapa bulan setelahnya barulah seri doramanya dibuat dan menjadi versi yang lebih dikenal sekarang. Hingga saat ini seri Team Batista sudah memiliki 4 season dorama dan 3 movie dimana movie terakhirnya “Keroberos no Shozo” (Portrait of Kerberos) tayang di jepang pada bulan Maret 2014.